Tuesday, September 18, 2012

Japan: Day 4 & 5

12 September 2012.

Pagi ini makanan di hotel gak banget. Yang bisa dimakan cuma dikit. Sama kayak kemaren, di KPITC masih belajar bahasa Jepang . Kali ini sama Laugh-sensei. Namanya susah, jadi dikasih nama panggilannya aja. Pas kelas bahasa Jepang, kita belajar gimana ngomong bahasa Jepang pas lagi belanja sesuatu. Misal minta ukuran yg lebih kecil/besar, berapa harganya, dll. Dan itu langsung dipraktekin, kita dikasih uang mainan (kayak uang monopoli), sama gambar sayur-sayuran, pepsi, kemeja, dan sebagainya. Jadi ada grup yg berperan sebagai toko sayuran (green grocer), ada toko baju, dll. Lucu deh. Habis itu istirahat dan makan siang.

yg enak dimakan cuma ikan yg ada kuahnya itu

Laugh-sensei
makan siang
Pas istirahat di halaman belakang KPITC
Habis istirahat, kita masuk kelas lagi. Baru pas ini saya sadar buat apa saya ke Jepang. Di kelas diterangin kondisi dan situasi pasca Great East Japan Earthquake yang melanda Jepang 11 Maret 2011. Karena masih bidang saya, saya excited banget dengerin ceramah dari dosen salah satu universitas di Jepang. Sementara yang gak nyambung ama jurusannya, banyak yang ngantuk dan akhirnya tidur. Di program Kizuna ini ternyata yang jurusannya berhubungan sama gempa itu sedikit. Malah ada yg dari hukum, ilkom, bisnis, macem-macem deh.
suasana kelas orientation program: disaster stricken area

Ada yang tidur, ini Sangeetha dari India
Malemnya, sama kayak kemaren, dikasih jatah 600 yen buat beli makan. Saya langsung beli McD deh, burger-nya harga 270 yen. Tetep aja isinya ikan, ga beli yang daging karna takut ga halal :|
akhirnya makan McD juga, pesen fillet o fish burger.
trus ke sevel beli snack potato chips sama kentang goreng

13 September 2012.
Masih belajar bahasa Jepang di KPITC sama Akiko-sensei. Kali ini belajar arah (directions) misal depan, belakang, kanan, kiri. Ini penting kalo kita mo tanya lokasi suatu tempat. Belajar huruf katakana juga sih. Games-nya nyari barang di KPITC. Kita dikasih gambarnya doang dan kita cari benda-benda itu ada dimana. Setelah tau dimana, kita suruh kelompok lain buat nyari benda itu, tapi kita kasih clue tempatnya ada dimana. Seru deh! Tentu aja ngomongnya pake bahasa Jepang.

Ini pas belajar katakana. Akiko-sensei yang sebelah kanan

Pas istirahat foto bareng anggota course A.
Itu si Faizi course B ikut-ikutan aja :|
Setelah itu kita berangkat ke Cupnoodles Museum. Disana kita bisa buat chicken ramen dan cupnoodles sendiri! Tapi course A & B kebagian bikin chicken ramen  aja. Bikinnya bener-bener mulai dari nol! Dari tepung terus dicampur air blablabla. Disini juga banyak sejarah dan asal-usul tentang mie. Trus di lantai paling atas, kita bisa mesen macem-macem mie yang khas dari berbagai negara. Ada mie goreng juga dari Indonesia!

credits to Harry Tran dari Vietnam

ini tiket masuknya nih. 500 yen

Partner bikin chicken ramen.
Sovanndara dari Kamboja
Mie-nya ditimbang masing-masing 100 gram
Terus dimasakin sama orangnya
Sambil nunggu jadi, bungkusannya ditulisin
nama yang buat sama tanggalnya


Habis dari Cupnoodles Museum, kita pulang. Sebelum nyampe hotel, seperti biasa kita beli makan malem dengan jatah 600 yen. Saya, temen Malaysia dan Timor Leste ke restoran Pakistan dan HALAL sodara-sodara!! Saya langsung pesen Tandori chicken. Akhirnya makan ayaaaam~ Memang disini agak mahal sih. Tapi ya worth it lah rasanya.

Ini yoghurt rasa mangga. Enak deh.
Dikasih gratis lagi!!

Penampakan Tandori chicken
Yak segitu aja hari ke-4 dan ke-5. Maaf rada panjang, 2 hari digabung soalnya. Hehe. Pagi ini saya mau cao ke Fukushima yang gada internet-nya nih. Jadi maaf selama 4 hari ke depan gak bisa update. Yuk mari~

1 comment:

  1. semangat trus miraaa.. aku klo ksana ga makan apaapa tuh kaya'a... hahaha

    ReplyDelete