Tuesday, December 11, 2012

Japan: Day 25 & 26

3 Oktober 2012

Hari ini jadwalnya ke Rikuzentakata Volunteer Center. Jadi tempat relawan ini dibangun sebulan setelah bencana gempa dan tsunami 3/11. Yang punya inisiatif malah salah satu warga di kota Rikuzentakata yg sebenernya juga jadi korban. Pas peak time, relawan yang dateng bisa sampe 1200 orang. Relawannya itu datang dari seluruh Jepang, bahkan ada beberapa perusahaan yg ngirim karyawannya sebagai relawan. Disini kita cuma dijelasin keadaan para korban sekarang pasca bencana, trus gimana tata cara jadi relawan yg baik dan benar. Jadi masih banyak para korban yg tinggal di rumah sementara (temporary house). Dan kebanyakan mereka menderita sakit mental gara-gara kehilangan keluarga, teman dan kerabat sekaligus menyaksikan bencana dahsyat itu menghancurkan kota mereka. Hal itu yg bikin mereka depresi dan susah move on. Untuk para relawan, dihimbau agar tidak melakukan pekerjaan yg berat-berat. Semampu mereka aja, takutnya kalo mereka kecapean dan malah pingsan, bikin orang lokal jadi kesian dan ngerasa bersalah. Hari ini masih ngamatin aja, dari jam 8 sampe jam setengah 6. Dari relawan pada datengan, terus ikut orientasi, sampe mereka pulang dan para staff ngumpul buat evaluasi. Bosen? Iya. Tapi untungnya ada Wifi "GanbaroIwate" yg artinya "ayo semangat Iwate" di sekitaran lokasi. Wifi ini emang ada dimana-mana pasca bencana, ini salah satu wujud rekonstruksi dalam segi hubungan dan komunikasi dari pemerintah. Selain itu cuaca yg dingin sampe nusuk tulang juga bikin pengen cepet-cepet balik ke homestay.
Oya foto hari ini diambil sama Syafarah.

suasana di volunteer center



mereka listriknya pake solar cell

ini gerobak, biasa dipake buat relawan kerja
sorenya bantuin nyabut rumput
Habis pulang dari kerja ngebersihin bekas tsunami, alat-alatnya dicuci, dibersihin pake keran ama shower

habis kerja, nyuci alat, baru dateng ke stand ini buat cuci tangan ama kumur-kumur
pake obat kumur yg bisa ngilangin bakteri habis kerjanya di tempat kotor,
trus masuk ke ruang di belakangnya buat ambil snack
kalo relawannya mau pulang, kita standby di depan buat dadah-dadah sambil bilang makasih bawa banner

4 Oktober 2012

Pagi ini kita berkunjung ke kota Kamaishi, tempat bencana. Disana ada museum kecil, bentukannya masih temporary, yg nyimpen foto-foto bencana, ga cuma pas tahun lalu tapi juga tahun-tahun sebelumnya. Ada grafik kejadian tsunami. Jadi pas tahun 1896 ada tsunami juga, tapi tingginya 3 kali lebih rendah dari tsunami kemaren. Makanya mereka buat seawall untuk ngehalang tsunami masuk berdasarkan itu. Dan ternyata tsunami-nya jauh lebih tinggi.
Di Kamaishi juga susah nyari angkutan umum habis bencana kemaren. Adanya taksi, tapi mahal banget. Dari temporary house ke supermarket aja bisa ngabisin 5000 yen atau setara dengan 585.000 rupiah! Belum lagi kalo mo pulang. Berat di ongkos daripada belanjaannya kayaknya :|
Masalah lainnya, orang-orang tua di temporary house kebanyakan ga punya kerjaan, jadi mendem aja di rumah dan kebayang-bayang tsunami tahun lalu yg bikin mereka tambah depresi. Soalnya tetangga mereka di temporary house itu berasal dari macam-macam daerah, jadi ga kenal satu sama lain. Terus orang Jepang kan hobi banget bikin festival, kalo gada temen satu daerah susah buat ngadain festival lagi kayak dulu.

Siang menjelang sore kita ke Magokoro Network, NPO (Non-Profit Organization) yang juga bergerak di bidang volunteer. Magokoro Network ini ikut bantuin para korban bencana untuk recovery. Macam bersihin puing-puing bekas tsunami (iya, masih ada aja!), nanem bunga (dengan tujuan biar kota-nya berwarna, gak cuma hitam abu-abu aja kayak kota mati), ngajar anak-anak, denger keluh kesah korban; apa yg mereka butuhin, sama nanem padi barengan orang-orang yg tinggal di temporary house (maksudnya biar mereka mau keluar dan komunikasi sama yg lain).
*All photos credit to Syafarah


pasca 3/11, terjadi inundasi atau gampangnya muka air laut naik dari biasanya,
jadi daratan tenggelam antara 500 cm sampai 1 meter

ini miniatur kota Kamaishi, kebanyakan putih karna pas
kejadian bencana itu pas lagi musim dingin, banyak salju


ini foto setelah bencana. bisa diliat itu banyak salju nutupin.
terus orang-orang pada buat api unggun untuk menghangatkan diri

ini salah satu stasiun kereta yg berhenti operasi gara-gara kena tsunami

credits to me :x

credits to me, too :|
ini temporary supermarket complex, ada convenience store macam indomaret, ada warung-warung makan juga

ini kondisi kantor Magokoro Network, masih temporary juga. dingin banget karna cuma dilapisin kayu ama bahan plastik gt. Kondisinya kurang lebih ama temporary house, kalo musim dingin beku. Di Magokoro ini para relawan sama pekerja banyak yg tinggal disini, makanya ada rak sepatu, dan mesin cuci sebelah kiri

No comments:

Post a Comment