Wednesday, December 12, 2012

Japan: Day 29 & 30

7 Oktober 2012

Hari ini hari libur, tapi kita masih sibuk aja. Kali ini nyiapin pesta perpisahan Nao-san. Nah lo? Siapa tuh? Nao-san itu staff JOCA yang diundang buat bantuin okaasan masak, udah dari kemaren-kemaren. Okaasan kan walo udah umur 60an tapi tetep semangat kerja, berangkat dari jam setengah 9 pagi pulangnya malem jam 8-an ke atas. Udah tua masih sibuk kerja. Hebat banget orang Jepang ini. Badan juga masih segar bugar, kayaknya sih makanan berperan penting dalam hal ini. Menurut saya yg pengalaman bantuin okaasan masak kalo pas jadwalnya (kita dibagi tugas: cooking, cleaning, laundry; yang tiap minggu ganti-gantian jadwalnya), masakan Jepang itu sehat-sehat. Ga mau kelebihan tepung, habis goreng mesti ditaro dipiring yg atasnya dikasih kertas tisu buat nyerap minyaknya, masak juga pake olive oil mulu, makannya natto, miso soup dan sayur-sayuran yg sehat, dan suka sashimi (ikan mentah!). Nah balik lagi, jadi karna okaasan sibuk, suka gada waktu buat masakin kita sarapan apalagi makan malem (karna siangnya kita biasa makan obento atau kotak makan diluar pas kegiatan). Nah belakangan ini kita rajin bantuin nyiapin makanan (boleh percaya boleh nggak) jadi Nao-san boleh pulang. Walo sebenernya alesan utama Nao-san pulang karna ada urusan mendadak :x

Anak-anak cowok dan teman serta kerabat okaasan diundang, termasuk Nono-chan *gadis smp yg suka main ke rumah* beserta ibu dan bapaknya yg boleh dibilang cukup gila. Nanti kita cari tau kegilaannya di episode terakhir hahahaha. Rebek, temen India, buat mushi-pan, macem kue bolu gitu diajarin sama Nao-san. Terus Syafarah bikin kue coklat kukus yg enak banget, terutama karna coklatnya masih meleleh anget-anget pas dimakan :9 Malemnya pesta dimulai. Bertempatkan di dalam green house yang disulap jadi ruang makan (anak-anak cowok pada ngangkat meja dan kursi kesini), kita semua pesta barbeque. Jadi di tengah meja ada beberapa tempat manggangnya. Ada halal corner loh yg tempatnya paling ujung, khusus buat orang Islam yg ga bisa makan daging gak halal. Alhamdulillah kita masih nyetok ayam halal yg dibeli di Morioka minggu lalu, jadi kita bisa ikutan makan, manggang ayam. Yg lain pada makan lamb alias daging domba walo sempet bikin saya ngiler juga ngeliatnya. Kita juga makan sayuran loh yg dipanggang, dan yg nyentuh kebanyakan orang Jepang karna rata-rata kita pada ga suka sayur. Oya, miso soup juga ga ketinggalan dong, makanan wajibnya orang Jepang. Dan lagi-lagi saya disuruh main gitar (kenapa gada yg sadar sih kalo saya ga bakat -_-). Kita nyanyi bareng sambil main gitar di tengah hawa dingin yang semakin malam makin ga bisa ditahan, akhirnya satu-persatu tumbang. Ijinnya sih ke toilet, tapi ga balik-balik ke green house. Malah ke-gap lagi ngangetin diri di homestay. Akhirnya acarapun diselesaikan karna pesertanya sudah menipis.


All photos credit to Aini

ini nih Nao-san (kiri) yg punya hajat

Nono-chan lagi nata rambut Rebek


8 Oktober 2012

*HOLIDAY*
Kalo mo intip sedikit kegilaan kita di hari libur. Niruin gaya tepuk tangannya orang Jepang kalo memberi semangat, macam tepuk pramuka. Udah gitu bukannya bantuin okaasan beres-beres rumah, malah nyanyi ga jelas dan ngajak okaasan ikutan.
*The video credits to Syafarah*

No comments:

Post a Comment