Sunday, December 30, 2012

Japan: Day 31

9 Oktober 2012


Jadi hari ini kita ngunjungin salah satu SMK di kota Tono. Pas mau masuk sekolah, kita disuruh lepas sepatu dan ganti pake sandal. Kayak di komik nih. Cuma boleh pake sepatu atau sandal khusus dalam ruangan. Trus ternyata kita dateng kecepetan, jadi disuruh nunggu dulu di perpusnya. Selang 20 menitan kita diajak ke audit-nya dan ketemu sama Kepala Sekolahnya, Masaki Kumagai. Dulunya beliau merupakan wakil kepala sekolah di SMK Perikanan Miyako, yang terkena gempa dan tsunami tahun lalu. Untungnya semua murid dan guru yang ada di sekolah waktu itu selamat karena mereka langsung cepat gerak cari bukit.

pas nunggu di perpus



SMK yang kita kunjungin ini namanya Ryokuhou, punya 2 jurusan, pertanian dan perniagaan. Cuma ada 6 kelas di SMK ini, jadi kelas 1-nya ada 2 macem, sesuai jurusan, kelas 2 juga gitu, sampe yg terakhir kelas 3.  Dikit banget memang, gak kayak SMANSA Balikpapan atau sekolah-sekolah kebanyakan di Indonesia. Soalnya juga Jepang kan penduduknya sedikit. Sekolah ini punya ternak, sawah dan kebun yang produksi padi, sayur sama buah-buahan. Mereka juga nanem bunga buat dijual.

Trus sama kayak di komik-komik nih, mereka punya ekskul (student club) kayak baseball, basket, fotografi, menunggang kuda, musik dan lain-lain. Mereka juga ngadain culture festival (festival budaya) yang isinya jualan hasil panen dari sawah dan kebun mereka, dan yang dateng adalah penduduk lokal kota Tono.

Kita diajakin tur keliling sekolah bareng seorang guru dan lebih dari 10 orang siswa. Tiap nyampe di suatu ruangan, salah satu dari siswa bakal ngejelasin itu ruangan dipake buat apa dan semacamnya pake bahasa inggris. Nah jadi ternyata, siswa-siswa yang jadi tour guide kita itu rencananya bakal ke Amerika Januari ntar buat presentasiin tentang bencana Great East Japan Earthquake and Tsunami  tahun lalu itu. Nah mereka ini sengaja dipilih nuntun kita buat latihan ngomong bahasa inggris mereka. Dan jujur aja, banyak di antara mereka (bahkan hampir semua) yang masih tertatih-tatih ngomong bahasa inggris. Seperti yang udah pernah saya bilang sebelum-sebelumnya kalo orang Jepang, terutama di kota kecil kayak gini, itu jarang banget yang bisa ngomong bahasa inggris. Mereka masih susah buat ngucapin dengan benar karena struktur dan pelafalan kata bahasa inggris kan beda banget sama bahasa Jepang. Jadi kalo boleh dibilang sih anak-anak Indonesia lebih jago bahasa inggris-nya daripada orang Jepang.

koridor sekolah







ini gymnasium atau ruang olahraga


Salah satu murid lagi ngejelasin fungsi gymnasium

Nah habis tur keliling sekolah, kita diajak ke gymnasium (lagi) dan ternyata semua siswa udah pada rapi berbaris menghadap panggung. Ternyata kita mau disambut sama mereka, jadi kita naik ke atas panggung, terus kepala sekolah ngasih pidato sambutan. Yah pokoknya kita diperlakukan kayak bener-bener tamu raja.





Trus kita disuruh buat ngobrol-ngobrol sama murid-murid yang mau ke Amerika itu. Dan kita ditekankan jangan ngomong cepet-cepet dan kalo bisa gunain kata yang mudah dan umum. Partner ngobrol saya bahkan punya kamus elektronik Jepang-Inggris, yang harganya satu juta rupiah, buat komunikasi sama saya. Tapi mah dia lebih seneng ngomong bahasa Jepang, karena dia pikir saya ngerti. Gara-garanya nih beberapa kali saya ngomong pake bahasa Jepang karena dia ga ngerti pas saya ngomong bahasa inggris, makanya saya berjuang buat translate-in ke bahasa Jepang.







Habis itu kita ke Miyamori upper river, semacam NPO gitu atau organisasi nirlaba. Dan ternyata NPO ini tempatnya Okeita-san kerja! Masih inget kan Okeita-san? Wanita yang bisa bahasa Indonesia dan ngasih tumpangan buat ke Morioka naik mobilnya. Seneng banget rasanya ketemu Okeita-san, kayak ngerasa ketemu keluarga ato minimal kenalan yang bisa ngertiin kita (anak Indonesia, red.). Okeita-san ngasih ceramah tentang pertanian di Jepang gimana. Jadi, Jepang itu lebih dari setengahnya adalah hutan belantara, dan cuman 12,4% aja lahan pertaniannya. Ternyata pertanian Jepang lagi terancam, soalnya kebanyakan petani di Jepang rata-rata umurnya udah 60 ke atas. Jadi takutnya gada generasi penerusnya, karena pemuda-pemudi di sana (di Indonesia juga sih) lebih tertarik buat kerja di perusahaan di kota-kota besar. NPO ini berusaha buat ngembangin pertanian di kota Tono ini dengan target, 1 desa 1 sawah.

foto bareng Okeita-san habis dengerin ceramahnya

*All photos credit to: Syafarah; Koshiro-san

1 comment:

  1. Pengen ngerasaain yang di postingan ini secara live XD Rasanya pasti gimana gitu kalo ngerasaain yang kayak di komik kyaaaa XD
    Semangat nulis Mira-san!

    ReplyDelete